Penggunaan Internet Orang Indonesia, Buat Apa Aja?
Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna internet terbanyak di dunia. Menurut data dari Kemenkominfo, ada sekitar 89% penduduk Indonesia telah menggunakan smartphone.
Banyak hal yang bisa dilakukan di internet, mulai dari mencari data dan hiburan, belanja, hingga transaksi keuangan. Setiap harinya, kita menghabiskan waktu rata-rata sekitar 8 jam sehari. Paling lama di saat pada pukul 18.00 hingga 21.00.
Penasaran gak? Kegiatan apa saja yang dilakukan masyarakat indonesia melalui internet. Laporan Omnichannel Digital Consumption Report 2023 dari Populix menunjukkan perilaku masyarakat Indonesia dalam menggunakan internet. Apa saja?
1. Chatting
Fungsi utama handphone adalah sebagai alat komunikasi. Saat ini, kita mungkin sudah jarang menggunakan SMS dan lebih mengandalkan aplikasi chatting yang menggunakan akses internet. Soalnya kamu bisa mengirim pesan dengan mudah, cepat, dan murah.
2. Browsing
Orang juga mengandalkan internet untuk mencari informasi, mulai dari berita terkini, arah jalan, hingga pengetahuan umum. Kamu hampir bisa mencari tahu tentang apa saja di internet.
Dalam berbelanja, masyarakat aktif dalam mencari informasi sebelum membeli sebuah produk. Hal ini terlihat dari 59% masyarakat yang mengatakan mereka secara aktif mencari review produk.
TikTok dan Google jadi platform yang paling banyak digunakan masyarakat dalam mencari review produk. Tiga informasi seputar review produk yang paling dicari adalah informasi produk, testimoni dari pembeli lain, dan harga.
3. Berbelanja
Belanja online memang praktis dan menyenangkan. Kamu gak perlu menghabiskan tenaga dan waktu untuk keliling mall atau pasar. Hampir segala hal bisa dibeli melalui internet, mulai dari barang atau jasa yang mungkin sulit ditemukan secara offline.
4. Hiburan
Banyak juga orang yang mencari hiburan lewat internet. Adapun konten hiburan yang paling banyak dicari adalah musik dan film. Selain tu, konten-konten yang biasa dicari oleh masyarakat di media sosial adalah foto atau video yang menghibur (76%), review produk (67%), informasi kuliner (63%), berita viral (62%), berbelanja di media sosial (50%), mencari inspirasi fashion (49%), dan inspirasi skincare (49%).
Sementara itu, aplikasi media sosial (89%), chatting (75%), hiburan (musik, video dan film) (60%), e-commerce (59%), e-wallet (59%), e-mail (54%), perbankan (52%), gaming (41%), dan transportasi online (33%) menjadi aplikasi-aplikasi yang paling banyak diakses oleh masyarakat.
Komentar
Posting Komentar